Wisata pegunungan Manado

Wisata pegunungan Manado – Objek wisata alam yang dimiliki kota Manado ini memang cukup beragam, tidak hanya objek wisata bahari saja, seperti Bunaken, dll. Namun kota Manado ini juga memiliki beberapa objek wisata pegunungan Manado yang tidak kalah cantik dan juga terkenal. Kawasan wisata yang dimaksud cukup tersebar luas di beberapa kawasan di Sulawesi Utara, ada yang terletak di kota Tomohon, Airmadidi, dan yang lainnya. Dengan berlibur ke kawasan laut dan kawasan pegunungan, tentunya akan memberikan nuansa liburan yang sangat menyenangkan untuk Anda. Berikut ini adalah beberapa kawasan pegunungan yang ada di kota Manado, dan dapat Anda kunjungi :

  1. Gunung Tumpa

Lokasi wisata pegunungan Manado yang pertama adalah gunung Tumpa. Pegunungan ini sendiri berlokasi di kelurahan Meras, Bunaken. Dari kota Manado, Anda dapat menempuh perjalanan sekitar 1 jam perjalanan. Gunung Tumpa ini memiliki pemandangan alam yang sangat cantik, terutama ketika Anda tiba di kawasan puncak. Anda dapat menikmati kota Manado, Bunaken dan sekitarnya secara lebih luas. Bagi Anda yang menggemari fotografi atau pecinta alam, pasti akan menyukai pemandangan matahari terbenam yang indah di kawasan ini.

  1. Gunung Lokon

Gunung Lokon sendiri terletak di kota Tomohon, tepatnya di sebelah barat laut, dengan ketinggian sekitar 1.880 m. Objek wisata yang satu ini, termasuk salah satu gunung berapi yang masih aktif. Namun demikian, pemandangan alam di puncak gunung ini sangat indah, termasuk di dalamnya pemandangan kawahnya. Waktu yang tepat, untuk mengunjungi kawasan ini adalah pada pagi hari, tepatnya jam 7 pagi, agar udara masih terasa sejuk.

Baca Juga :

  1. Gunung Mahawu

Gunung berikut ini masih di sekitar kota Tomohon, tepatnya di sebelah timur, dan memiliki lereng yang agak landai, karena  ketinggiannya hanya sekitar 1.324 m. Yang unik dari gunung yang satu ini adalah sudah adanya akses jalan menuju ke puncak gunung, bahkan Anda dapat menggunakan kendaraan bermotor, untuk sampai ke dekat puncak. Dari pusat kota Tomohon ke dekat puncak menggunakan motor hanya sekitar 10 menit, dari sana, perjalanan akan dilanjutkan dengan berjalan kaki hingga ke puncak, yang jaraknya sekitar 5 menit saja.

Pemandangan alam yang akan Anda lihat ketika sampai di puncak, adalah beberapa sudut dari kota Manado dan juga kota Bitung di kejauhan.

  1. Gunung Dua Saudara

Lokasi gunung ini sendiri berada di desa Kadoodan, Madidir, kota Bitung, sekitar 12 km dari pusat kota Bitung. Objek wisata pegunungan Manado ini sendiri adalah gunung berapi yang sudah tidak aktif lagi, tidak hanya itu, lokasi dari gunung ini berdekatan dengan gunung Klabat, tepatnya di bagian timur. Gunung Dua Saudara ini menghadap langsung ke arah Cagar Alam Tangkoko Batuangus. Walaupun namanya adalah gunung Dua Saudara, namun sebenarnya ada 3 buah puncak gunung yang ada di pegunungan ini, yaitu Taman Nasional Tangkoko, Batuangus dan Dua Saudara. Panorama dari Gunung Dua Saudara ini menawarkan hasil pemotretan yang sangat cantik, terutama ketika Anda mengambilnya dari pantai Selat Lembeh.

Jika Anda mengunjungi gunung ini, Anda akan menemukan sebuah kawah yang cukup besar, selain itu, di kawasan ini dihuni oleh berbagai macam spesies hewan dan juga tumbuhan yang terbilang langka. Sedangkan di bagian bawah gunung Saudara ini, kini ditanami oleh pohon aren, dengan tujuan sebagai konservasi lingkungan, yang digalakkan oleh pemerintah setempat.

  1. Gunung Klabat

Gunung Klabat sendiri adalah gunung tertinggi yang ada di kota Manado, tepatnya di provinsi Sulawesi Utara, dengan ketinggian sekitar 1.995 mdpl. Termasuk gunung api yang tidak aktif lagi, dan oleh masyarakat sekitar, tepatnya suku Tonsea, Minahasa Utara, gunung dini dikenal dengan nama gunung Tamporok. Anda dapat mengunjungi gunung ini dari kabupaten Minahasa Utara, yaitu Airmadidi.

Yang unik dari gunung ini adalah di bagian puncaknya, terdapat sebuah kepundan yang membentuk sebuah danau kecil, dan memiliki air yang cukup jernih. Jika Anda berminat untuk mengunjungi gunung ini, maka dari kota Manado, Anda akan berkendara sekitar 1 jam perjalanan menuju kota Bitung. Sedangkan titik pendakian awal adalah di kota Airmadidi. Di sepanjang perjalanan, Anda akan melihat aneka flora dan fauna yang sangat unik, mulai dari strawberry hutan, bunga eidelweiss, Kuskus Beruang Sulawesi, dan aneka burung lainnya.

 

Call Now
WhatsApp