WISATA PARALAYANG MANADO

Paralayang adalah salah satu cabang olahraga berupa terbang bebas memakai sayap kain atau parasut. Wisata Paralayang sendiri merupakan wisata dengan fasilitas paralayang bagi para wisatawan. Bagi kalian pencinta Paralayang, khususnya yang tertarik dengan wisata Paralayang Manado, ada beberapa spot wisata yang sayang untuk dilewatkan.

Manado Skyline Sulawesi Utara

Manado Skuline saat ini merupakan destinasi wisata yang diandalkan para traveller di Sulawesi Utara. Tepatnya di Bukit Tetempangan Manado Skyline, sebagai tempat wisata ekstrem untuk aktivitas Paragliding dengan menawarkan pesona alam eksotis dan langka. Berada di bukit yang dijuluki sebagai Puncak Tetempangan dengan ketinggian mencapai 568 mdpl, di desa Kota, Kecamatan Mandolang, Minahasa. Menariknya, puncak Manado Skyline tersebut hanya berjarak 2 km saja dari garis pantai di Teluk Manado, kemudian dari kota Manado bagian Selatan berjarak 15 km.

Di balik bukitnya kita bisa melihat perkebunan dan pegunungan hijau Minahasa yang begitu memesona. Terdapat hamparan kebun kelapa, pala, dan cengkeh di sekitarnya. Manado Skyline sendiri belum lama dibangun, dan saat ini bahkan sudah mendunia sebab potensinya sebagai pusat aktivitas olahraga Paralayang atau Paragliding. Ada beberapa keunikan Manado Skyline sebagai pusat paradigling yang tak bisa dijumpai ditempat lain, seperti di bawah ini :

  • Lokasi ini mempunyai setidaknya 3 titik arah take off dan tak dimiliki oleh lokasi manapun yang ada di dunia. Karenanya para pencinta paragliding bisa terbang lewat berbagai arah.
  • Ketinggian ideal mencapai 568 mdpl telah terpenuhi di Manado Skyline dan didukung oleh luas lokasi mencapai 20 hektar.
  • Puncak Manado Skyline mempunyai perpaduan temperatur pantai di bagian sisi barat dengan suhu pegunungan sejuk di sisi sebelah timur.
  • Lokasi Manado Skyline menawarkan panorama alam yang begitu indah, terdapat view Teluk Manado dengan alam pegunungan dan sunset-nya yang memesona.
  • Manado Skyline lebih mudah dijangkau oleh para wisatawan penggemar paralayang sebab jaraknya hanya sekitar 15 km saja dari pusat kota Manado.

Baca Juga :

Itulah keunikan spot Manado Skyline sebagai pusat aktivitas paralayang di Manado yang sudah mendunia. Jadi, kalian penggemar aktivitas ekstrem ini pun bisa mencoba pergi ke Manado Skyline!

Spot Paralayang Funung Tumpa

Keindahan alam Wisata Paralayang Manado ini juga sudah tak diragukan lagi. Gunung Tumpa terletak di Kelurahan Tongkaina, tepatnya di Kecamatan Bunaken, Manado, Sulawesi Utara. Di samping sebagai taman konservasi hutan lindung, kawasan ini mulai diperkenalkan menjadi lokasi sport Paralayang dengan digelarnya even-even olahraga paralayang internasional.

Dengan ketinggian mencapai 350 mdpl, kalian bisa melihatlaut Sulawesi yang terbentang luas dengan beberapa pulau disekitarnya yang begitu eksotis, seperti Pulau Bunaken, Manado Tua, Pulau Lihaga, dan Pulau Siladen. Terlebih lagi panorama alam kota Manado yang bisa dilihat dari ketinggian, dimana semuanya akan sangat terasa dinikmati saat beraktivitas Paralayang.

Sebagai flying side, karakteristik Gunung Tumpa sendiri bisa dibilang cukup sulit sebab berada di area cerukan yang berbentuk loyang, dengan suhunya yang cukup kuat. Di samping itu, ada pula venturi-venturi berukuran kecil sebab terdiri atas beberapa bukit, karenanya para pilor paragliding akan kesulitan saat melakukan landing di lokasi ini. Meskipun begitu, dengan karakter lokasinya yang unik memberikan tantangan tersendiri untuk para pilot paralayang, sehingga menjadi daya pikat tersendiri selain menawarkan pesona alam yang eksotis.

Walaupun tergolong ekstrim, Wisata Paralayang Manado ini cukup aman bagi pilot pemula sebab ada 2 tempat landing yang bisa dipilih. Sehingga jika kalian tak bisa sampai bawah dapat melakukan landing pada bagian atasnya. Di samping itu, flying side di Gunung Tumpa ini bahkan telah memenuhi syarat FAI dan FASI.

Untuk menuju lokasi Gunung Tumpa ini, kalian memerlukan waktu tempuh 1 jam dari Manado menuju Kecamatan Bunaken melalui Jl. Raya Bailang – Tongkeno lewat jarak tempuh 12 km kurang lebih. Ke lokasi hutan raya di kawasan Gunung Tumpa sendiri harus melalui jalanan menanjak dengan jarak sekitar 2 km. Meskipun begitu, kalian tak perlu khawatir sebab jalannya sudah beraspal.

 

Call Now
WhatsApp