Wisata laut Bunaken

Wisata laut Bunaken – Untuk Anda yang ingin berlibur ke Bunaken dan menikmati aneka wisata laut Bunaken, ada baiknya membaca ulasan berikut ini. Hal ini cukup penting, agar Anda mengetahui bagaimana cara mengunjungi kawasan Bunaken, dan menikmati berbagai objek wisata yang ada di lokasi tersebut.

Seperti diketahui bersama, Bunaken sendiri adalah salah satu kawasan wisata yang ada di provinsi Sulawesi Utara, tepatnya di teluk Manado. Lokasi yang terkenal akan Taman Nasional Bunaken ini memang memiliki keindahan biota laut yang sangat indah. Hal ini pula yang kemudian diabadikan dalam situs warisan dunia oleh UNESCO pada tahun 2005 silam, sehingga taman nasional ini akan tetap terjaga kelestariannya. Selain itu keindahan alam di sekitar Bunaken ini juga tidak kalah cantik dengan pemandangan alam yang ada di bawah laut.

Cara ke Bunaken

Untuk Anda yang ingin pergi ke Bunaken, maka hal yang harus Anda lakukan pertama kali adalah tiba di bandara Sam Ratulangi Manado. Ini adalah salah satu jalur tercepat yang dapat Anda lakukan, selain menggunakan jalur darat atau jalur udara, jika Anda berada di luar kota Manado. Saat ini ada cukup banyak maskapai yang menyediakan rute ke kota Manado tersebut.

Baca Juga :

Sesampainya di kota Manado, perjalanan akan dilanjutkan melalui jalur darat, menuju pelabuhan. Disini Anda dapat menggunakan taxi atau mobil sewaan lainnya. Tiba di pelabuhan, perjalanan akan dilanjutkan menggunakan speedboat, menuju Marina Blue Banter dan juga Marina Nusantara Diving Centre di kecamatan Molas. Adapun waktu yang akan Anda tempuh sekitar 30 menit. Dari lokasi Marina Blue Banter, Anda masih harus memerlukan waktu sekitar 10 menit, untuk akhirnya sampai ke lokasi penyelaman.

Sebelum masuk ke lokasi Taman Nasional Bunaken, sebaiknya Anda sudah memiliki tiket masuk, yang dapat diperoleh di kota Manado / di kantor Taman Nasional Bunaken. Namun jika Anda sudah memiliki paket wisata Bunaken, tiket masuk ini sudah masuk ke dalam harga paket wisata yang Anda bayar.

Objek wisata laut di Taman Nasional Bunaken

Ada cukup banyak kegiatan yang dapat Anda lakukan ketika tiba di lokasi wisata laut Bunaken ini, seperti melakukan kegiatan snorkeling, diving, atau mengunjungi hutan Mangrove. Tidak perlu membawa perlengkapan snorkeling, jika Anda ingin melakukan snorkeling, karena di lokasi ini, sudah ada tempat penyewaan perlengkapan snorkeling dan juga diving. Namun apabila Anda tidak ingin melakukan snorkeling atau diving, atau bahkan belum bisa melakukannya, tidak perlu khawatir. Cukup menyewa kapal kataraman yang memiliki kaca transparan di bawah kapalnya. Dengan demikian, Anda akan melihat pemandangan alam bawah laut Bunaken secara leluasa.

Ada sekitar 30 titik snorkeling yang ada di wisata laut Bunaken ini, namun hanya ada beberapa lokasi yang cukup populer, seperti :

  • Tembok Lekukan

Tembok Lekukan I, II, dan II ini adalah sebuah tembok yang cukup panjang di Bunaken. Disebut tembok Lekukan, I, II, dan III, karena lokasi ini dibagi menjadi 3 bagian. Ketiga lokasi tersebut memiliki keindahan laut yang tidak perlu diragukan. Adanya dinding curam, serta adanya celah-celah, dinding yang tidak terlalu dalam, kipas angin laut, dan juga spons raksasa akan Anda temukan di lokasi ini. Sedangkan untuk aneka ikan, Anda akan menemukan kakatua besar, dan juga segerombolan penyu.

  • Tanjung Kopi

Lokasi berikutnya adalah Tanjung Kopi. Di lokasi ini, Anda akan menemukan sebuah tembok kecil, yang dihuni oleh ikan barakuda dan juga ikan Sweeplip. Walaupun memiliki jarak pandang yang tidak terlalu jauh, namun di lokasi ini Anda akan melihat aneka ikan laut yang cantik.

  • Siladen

Siladen ini adalah lokasi yang pas untuk melakukan snorkeling. Memiliki dinding yang halus yang dihuni oleh terumbu karang unik, ketika arus datang, membuat dinding ini seolah-olah hidup. Karena termasuk perairan laut dangkal, maka di lokasi ini, Anda akan melihat aneka ikan-ikan hias yang berukuran kecil.

  • Reruntuhan kapal Manado

Bangkai kapal ini dahulu adalah milik seorang pedagang dari Jerman, namun kemudian terdampar di pantai Molas. Yang unik dari bangkai kapal ini adalah terbelahnya kapal tepat di bagian tengah, hingga memperlihatkan bagian ruang kemudi dan juga pegangan kargo.

 

Call Now
WhatsApp