WISATA BATU NONA MANADO

Wisata Batu Nona Manado terletak di Desa Kema, Kecamatan Kema III, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara, berjarak kurang lebih 35 km dari pusat kota Manado dan bisa ditempuh memakai transportasi darat. Kawasan ini dinamakan sebagai Batu Nona, sebab ada sebuah batu yang menjorok sedikit ke tengah laut, yang bentuknya persis seorang gadis atau nona. Menurut legenda, batu tersebut merupakan gambaran seorang gadis (nona) cantik yang sedang bersedih lalu akhirnya bunuh diri.

Objek Wisata Batu Nona Manado

Wisata Batu Nona Manado menyerupai seorang wanita cantik. Untuk kalian yang ingin menyaksikan Batu Nona, akan sulit melihatnya dengan berjalan kaki sebab jalannya harus memutar bukit. Karenanya, kalian harus menyewa kendaraan air, seperti speedboat atau lainnya. Bisa juga dengan memutari bukit dengan berjalan kaki ketika air laut sedang surut, tapi hanya terlihat bagian belakang batunya saja. Untuk melihat bagian depannya, kalian memerlukan transportasi laut.

Saat ini pantai Batu Nona dikelola dan telah dibuatkan resortnya. Jadi, selain menikmati wisata Batu Nona, kalian juga bisa sambil menginap di resort Batu Nona. Bahkan pemilik resort pun membuat patung yang berukuran besar.

Baca Juga :

Di kawasan Batu Nona, kalian bisa melihat pemandangan pegunungan dan bukit yang hijau, serta kapal nelayan yang berjajar memenuhi pantai. Tepat di depan patung yang dibuat oleh pengrajin, terlihat beberapa kapal yang bersandar dan ada pula yang sedang dalam perbaikan.

Batu Nona di Pantai Firdaus

Di kawasan Batu Nona sendiri sebenarnya kalian juga bisa menikmati objek wisata pantai, jadi bisa sekalian menikmati 2 aktivitas wisata. Lokasi Batu Nona sendiri terletak di seberang pantai Firdaus. Sampai saat ini bernama batu nona, diadopsi dari bahasa masyarakat timur yang berarti wanita cantik, dan dikeramatkan oleh penduduk Minahasa sebagai sosok Dewi Laut.

Saat ini batu nona sendiri hanya dapat dilihat lewat bentuk patungnya dan patung batu nona ini berada di seberang pantai Firdaus. Ketika air surut, batu nona baru bisa terlihat tapi saat air pasang tak akan kelihatan, namun masyarakat dapat melihatnya dalam bentuk patung yang dibuat sengaja oleh pihak pengelola wisata.

Fasilitas di Kawasan Batu Nona

Di sekitar Batu Nona terlihat perbukitan yang cukup tinggi serta terdapat tangga beton yang begitu menawan. Kalian bisa mencoba menaiki bukit sebab dari ketinggian akan melihat kemegahan pesona alam di Sulawesi Utara. Kalian dapat melihat gazebo di bawah tangga beton. Bukit yang memiliki tangga betonnya tersebut tak tergabung dengan wisata pantai, tetapi terpisah dan bila naik harus dilakukan di waktu-waktu tertentu.

DI samping kiri patung tersebut, ada deretan kapal nelayan terlihat sedang berjejer di pantai.. Terlihat pula penampakan Gunung Klabat berwarna biru, namun bagian puncaknya diselimuti awan. Selain itu, di kawasan pantai ini juga kalian bisa menikmati berbagai aktivitas seperti jet ski, kolam renang, dan Banana Boat. Tersedia pula fasilitas kafe di sekitar Batu Nona.

Tak sedikit turis asing yang datang ke tempat ini karena penasaran. Umumnya mereka lebih sering berkunjung pada hari Sabtu-Minggu. Selain itu, kebanyakan orang biasanya penasaran untuk melihat Batu Nona langsung dari dekat menggunakan kapal. Sekarang ini, tempat tersebut sudah mulai tidak terurus. Hal ini bisa dilihat dari kondisi batunya yang mulai retak akibat ombak.

Untuk fasilitas resort Batu Nona yang sudah dikelola pihak pariwisata ini bertaraf internasional, dengan beragam fasilitas terbaik dan tak kalah dari resort-resort lainnya di Indonesia. Resort ini bisa menampung hingga 50 orang pengunjung untuk bermalam di cottage-nya. Selain itu, kalian juga bisa menikmati berbagai aktivitas wisata, seperti banana boat dan jet ski. Resort ini menawarkan objek wisata alam untuk menikmati keindahan alam di lingkungan sekitarnya, hingga pesona alam pantai dan laut di kawasan tersebut.

Lokasi Wisata Batu Nona

Wisata Batu Nona Manado adalah objek wisata yang berada di Desa Kema, Kecamatan Kema dengan jarak 35 km saja dari kota Manado. Dari kota Manado, kalian bisa langsung ke kawasan Batu Nona menggunakan kendaraan pribadi atau umum

 

Call Now
WhatsApp